loading...

Monday, October 23, 2017

Cara Memperbaiki Kipas angin Mati Total

Kali ini saya membuat tutorial cara memperbaiki kipas angin miyako dan merk lain yang mati total.
Paling sebel banget ya kalo kipas angin dirumah rusak tidak bisa hidup. Sebelum membuang kipas angin atau membawanya ke tukang service, coba kita utak atik dulu. Sayangkan klo dibuang dan harus beli lagi atau harus membayar ketukang service lebih mahal, padahal yang rusaknya hanya masalah kabel ataupun sparepart yang tidak terlalu mahal hehe hehe.


Oke saya langsung kasih tau jurus yang harus dilakukan jika kipas dirumah mati total seperti tidak ada setrum sama sekali,Padahal kita sudah yakin bahwa kabel sudah dicolokkan. 
yang harus diketahui adalah jika kipas mati total ada 3 kemungkinan :

1. Gulungan putus akibat terbakar atau sebab lainnya.
2. Thermo fuse yang putus atau rusak akibat overcurrent yang disebabkan komponen pada kipas sudah melemah
3. Kabel power yang rusak atau putus jalur.

Nah untuk permasalahan No 1 bisa dilakukan oleh orang yang sudah paham  klo orang awam, sulit untuk menerapkan . jadi saran untuk permasalahan No 1 bawa ketukang service  ,

Untuk permaslahan No2&3 bisa dilakukan sendiri  nah untuk caranya ini yang harus dilakukan, Pertama kita harus analisa kerusakan dahulu,apakah kabel power pada kipas angin tersambung dengan baik tanpa ada putus pada jalur.

Kedua jika kabel sudah pasti tidak ada masalah lalu buka dinamo/motor kipas angin hingga terpisah antara stator dengan rotor.


Lalu Periksa Thermo Fuse pada kipas angin yang seperti pada gambar dilingkari dan ditandai pada gambar.Cara periksa kita harus mempunyai Multimeter dengan sekala ohm X1000 tempelkan prob multimetr pada kedua kaki thermofuse jika multimeter tidak menunjukkan nilai maka thermofuse rusak jika sebaliknya maka masih bagus atau baik , kalo tidak punya multimeter langsung saja ganti thermofuse tersebut. 


Harga thermofuse sekitar Rp1000 - 5000 per pcs. Untuk cara penggantian thermofuse harus berhati-hati karena letaknya jadi satu dengan gulungan stator. Peralatan yang harus disapakan adalah :

1 Solder dan timah.


2. Benang nilon

3. Isolasi bakar


4. Pisau atau cutter.
5. Gunting kuku.

Pada ssat menganti Thermofuse yang pertama dilakukan :

1. Mebuka tali pengikat gulungan stator pada motor/dinamo dengan menggunakan gunting kuku, secara peralahan karena banyak kawat mail yang menempel pada tali tersebut.

2. Lepaskan kawat thermofuse yang mengikat pada kawat mail dan kabel dengan cara dipanaskan oleh solder dan timah. setelah lepas , pasang thermoFuse yang baru dengan cara sambungkan kawat mail dinamo dengan timah yang dipanskan oleh solder. Sebelum  di sambungkan kerik dahulu kawat mail dengan pisau atau cutter tujuannya agar lapisan mail isolasi lepas dan terhubung dengan baik dengan kabel dan thermofuse .Sebelum melepas sambungan tandai dulu atau foto sambungan untuk menandai supaya kita tidak lupa .Sebagai refrensi saya lampirkan gambar sambungan /pengawatan dinamo 
3.Setelah pemasangan thermofuse selesai lalu isolasi sambungan tadi dengan isolasi bakar tujuannya untuk melindungi sambungan agar tidak menyatu pada sambungan lain maupun body.

4.Setelah itu lalu ikat kembali gulungan tersebut pada kern dinamo/motor seperti semula dengan menggunakan benang nilon.

Setelah itu pasang kembali semua komponen kipas seperti sedia kala. jangan lupa ganti juga kaspasitor nya ya biar lebih sempurna karena biasanya thermofuse putus akibat kapasitor yang sudah usang atau rusak. Sehingga akan mengakibatkan faktor daya menjadi menurun maka arus listrik akan naik pada kipas, dan inilah yang menyebabkan kipas overcurrent.  

Jika semua tutorial dilakukan dengan baik maka hasilnya kipas anda kembali seperti semula berputar kembali  dengan normal .

Cukup sekian tutorial yang saya berikan Semoga Bermanfaat......















6 comments: